Ayok khusus untuk Warga Desa Taras Padang, yang memenuhi syarat segera daftarkan diri Anda menjadi Pantarlih.
Download Syarat Pendaftaran disini : http://bit.ly/PendaftaranPantarlihTrPd
Download Besaran Honor yang diberikan : http://bit.ly/AnggaranHonorPetugasPemilu (*apabila ada perubahan, akan diinformasikan dikemudian hari)
Karena di Desa Taras Padang ada 8 TPS, maka petugas pantarlih yang dibutuhkan sebanyak 8 orang, dengan rincian sebagai berikut :
NO | TPS | Wilayah RT | Petugas yang dibutuhkan | Lokasi TPS |
1. | 01 | RT 1 | 1 Orang | RT 1 |
2. | 02 | RT 1 & RT 2 | 1 Orang | RT 2 |
3. | 03 | RT 2 & RT 5 | 1 Orang | RT 2 |
4. | 04 | RT 3 | 1 Orang | RT 3 |
5. | 05 | RT 4 | 1 Orang | RT 4 |
6. | 06 | RT 4 | 1 Orang | RT 4 |
7. | 07 | RT 5 | 1 Orang | RT 5 |
8. | 08 | RT6 | 1 Orang | RT 6 |
Pantarlih dianggap sebagai ujung tombak KPU terkait pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. Panitia yang tergabung dalam badan tersebut secara langsung membantu masyarakat mendapatan hak konstitusional warga untuk memilih pemimpinnya.
Secara umum Pantarlih adalah petugas yang bertugas untuk mengurus pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih dalam hal ini masyarakat. Petugas Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang kedudukannya ada di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan pengangkatan Pantarlih dilakukan oleh Panitian Pemungutan Suara (PPS).
Petugas Pantarlih bisa diambil dari perangkat kelurahan/desa, rukun warga (RW), rukun tetangga (RT), dan/atau warga masyarakat setempat. Pendaftaran Pantarlih dilakukan secara terbuka tanpa mengesampingkan kompetensi, kapasitas, integritas, serta kemandirian calon petugas.
Pantarlih memiliki tugas di masing-masing TPS yakni sebagai berikut.
Secara umum kewajiban Pantarlih adalah membantu kelancaran pemungutan suara. Secara khusus kewajiban panitia Pantarlih adalah sebagai berikut.